Sabtu, 22 Oktober 2011

KADES SELAMALOFO - DAUD MUHAMMAD TUTUP USIA

Daud Muhammad - Kepala Desa Selamalofo

Awan duka kembali menyelimuti Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, hal ini karena salah seorang ujung tombak walikota di garda terdepan bernama Daud Muhammad yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Desa Selamalofo dikabarkan telah meninggal dunia.

Informasi kepergian almarhum untuk selama-lamanya ini awalnya diperoleh via sms yang beredar dari beberapa kepala desa. Namun setelah dikonfirmasi ke sumber yang dapat dipercaya, ternyata benar adanya bahwa yang bersangkutan telah menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 11.00 WIT.

Kepergian almarhum terasa sangat mendadak dan membuat kaget banyak pihak, karena tidak pernah mendapat informasi tentang kondisi kesehatan beliau. Apalagi informasi bahwa yang bersangkutan menderita sakitpun tidak pernah diperoleh. Dengan demikian sampai saat ini penyebab meninggalnya almarhum belum diketahui pasti.

Dalam data base perangkat Desa/Kelurahan se Kota Tidore Kepulauan di Bagian Pemerintahan, Almarhum Daud Muhammad tercatat dilahirkan di Kayoa pada tanggal 10 Juni 1950. Terpilih sebagai Kepala Desa pertama hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Selamalofo pada tahun 2008. Ketika itu Desa Selamalofo baru saja dimekarkan menjadi desa definitif hasil pemekaran dari Desa Maidi. Sebelum menjabat sebagai kepala Desa, yang bersangkutan adalah Kepala Dusun Sagutora selama 15 tahun (1992 -1997).

Keterlibatan almarhum semasa hidup sebagai tokoh di desa sebetulnya telah dimulai sejak menjabat Ketua Rukun Kampung Sagutora sejak tahun 1984 sampai 1991. Pendidikan formal yang pernah dienyam adalah, lulus pendidikan dasar di SD Laluluin Tahun 1960, lulus pendidikan menengah di SMP Kartini Guruapin tahun 1963 dan pada tahun 1967 menyelesaikan sekolah lanjutan tingkat atas di salah satu SMA di Kota Ternate. Almarhum meninggalkan seorang istri bernama Aisa Basara dan 4 anak, masing-masing bernama Nasrun Daud, Sarini Daud, Sudirto Daud san Sartia Daud.

Walikota Tidore Kepulauan – H. Achmad Mahifa telah memerintahkan Kepala Bagian Pemerintahan – Hi. Hamid Abdullah bersama Kasubag Pengembangan Otonomi Daerah – Rudy Ipaenin untuk berangkat ke Desa Selamalofo Kecamatan Oba Selatan – dalam rangka mewakili pemerintah daerah menghadiri upacara pelepasan dan pemakaman Jenazah almarhum yang direncanakan akan dilakukan sore nanti di tanah kelahiran almarhum – Dusun Sagutora Desa Selamalofo.

Sampai berita ini ditulis, Kabag Pemerintahan _ Hamid Abdullah dan Kasubbag Pengembangan Otonomi Daerah – Rudy Ipaenin sedang dalam perjalanan lewat laut menggunakan speedboat menuju Desa Selamalofo (aws)


0 komentar: